Pemblokir Spyware – Tetap Aman Saat Online

Hampir setiap orang memiliki semacam kepribadian Internet yang tidak dapat mereka lakukan tanpanya. Sederhananya, teknologi ini telah menjadi bagian dari kehidupan kita. Setiap hari, kami masuk ke situs jejaring sosial yang berbeda seperti Facebook dan MySpace atau kami melakukan pencarian tentang hal-hal yang kami minati atau bahkan hal-hal yang perlu kami teliti di sekolah atau di tempat kerja. Beberapa orang online hanya untuk bermain game online, sementara beberapa ada di sana untuk memperbarui diri mereka pada berita terbaru. Entah bagaimana, bagaimanapun, orang akan menemukan alasan untuk terhubung ke web dan ini telah menjadi kenyataan yang tak terbantahkan hari ini.

Meskipun teknologi ini telah memberi kita kemudahan besar yang hanya bisa kita impikan sebelumnya, itu juga menempatkan kita pada risiko pada tingkat tertentu. Email, yang normal, hal sehari-hari yang kita perhatikan, pada kenyataannya adalah pembawa ancaman online yang paling kuat. Sementara sebagian besar dari kita berpikir mereka hanyalah titik kecil yang tidak bersalah di seluruh kegilaan Internet ini, email bisa menjadi cukup kuat untuk menyebarkan ancaman yang paling merusak melalui program jahat yang tersembunyi di balik surat spam dan lampiran. Oleh karena itu, sangat penting bagi setiap pengguna Internet untuk mengetahui cara menangani hal-hal ini jika ia dan sistemnya ingin tetap aman.

Aturan paling dasar untuk melindungi diri sendiri dari email yang mungkin berbahaya adalah menghindari membuka file lampiran dari sumber yang mencurigakan. Biasanya, lampiran keluaran hk ini datang dengan email dari orang yang tidak Anda kenal dan biasanya disertai dengan teks yang sangat menarik seperti yang mengklaim bahwa Anda telah memenangkan lotre atau hibah dari donor asing. Dalam kebanyakan kasus, pesan datang dengan bidang pesan kosong dan subjek yang menarik dengan file terlampir. Ini tentu saja sesuatu yang lebih baik Anda hapus. Yang pasti ingin Anda hindari adalah lampiran dengan ekstensi file .exe. Namun, jangan terlalu berpuas diri karena file yang dapat dieksekusi ini mungkin juga datang dengan ekstensi tersembunyi atau tersamar.

Jika Anda berpikir tentang bagaimana membuka lampiran ini dapat menyebabkan kerusakan, sebenarnya ada banyak cara. Misalnya, jika file yang Anda buka terinfeksi kode berbahaya, komputer Anda pasti akan terpengaruh. Sebuah virus akan menanamkan dirinya ke dalam hard drive Anda dan mulai merusak file Anda segera. Atau dapat mengumpulkan informasi pribadi seperti rincian kartu kredit dan mengirimkannya kembali ke orang yang membuat virus. Jenis program ini bahkan dapat menarik semua kontak Anda dan menyebar sendiri di antara mereka. Dengan kata lain, hanya satu file berbahaya yang dibuka dalam satu email dapat mendatangkan malapetaka dalam proporsi yang luar biasa. Ingatlah bahwa jutaan pengguna Internet membuka email mereka setiap hari. Anda bisa membayangkan betapa cepatnya hal-hal bisa menyebar.

Ketika datang ke ancaman email, spam adalah hal lain. Pada dasarnya, mereka tidak menimbulkan ancaman bagi komputer Anda, tetapi entah bagaimana, mereka bisa sangat mengganggu. Email spam adalah mereka yang menawarkan berbagai penawaran tentang apa pun, mulai dari produk perawatan kulit hingga perangkat lunak pelacakan iklan. Meskipun email-email ini hanya untuk tujuan pemasaran, mereka masih bisa sangat mengganggu terutama bagi seseorang yang tidak suka menjadi sasaran iklan jenis apa pun.

Kemudian, ada phishing yang dilakukan melalui email yang mencoba menciptakan urgensi palsu bagi penerima untuk mengungkapkan informasi sensitif seperti password dan PIN perbankan dengan pengirim yang biasanya menyamar sebagai pejabat bank. Jika pencurian identitas adalah hal terakhir yang ingin Anda tangani, jangan, dengan segala cara, mengungkapkan sesuatu yang rahasia melalui email. Selain itu, bank dan perusahaan yang sah tidak pernah mencari informasi seperti ini melalui Internet.